MAPALA "Satria Batik" adakan Pendakian Bersama Gunung Prau

images
By Fastikom UMPP| 15 Februari 2006| berita |

Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT.
Gunung itu merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas paras laut.Gunung ini memiliki kawasan hutan yang masih asri, indah dan terjaga, Puncak pegunungan prau di hiasi bunga liar seperti bunga daysi atau ceplikan ( Jawa ) dengan gundukan gundukan tanah menyerupai deretan bukit kecil yang tersebar dari ujung utara hingga selatan dan lebih di kenal sebagai Bukit Teletubbies Dieng ( Taman Seribu bukit ).
Panorama yang bisa di saksikan seperti gunung slamet di sebelah barat dengan keindahan Sunsetnya gunung prau dieng, sebelah timur pegunungan di jawa tengah seperti gunung sindoro, gunung merbabu, gunung merapi, gunung unggaran, gunung telomoyo, gunung tlerep, gunung kelud, dan bukit batok di kaki lereng pegunungan prau tersebut. Hal ini yang menjadi pertimbangan dari MAPALA satria batik politeknik muhammadiyah pekalongan untuk mengadakan pendakian bersama.
Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh salah satu UKM di politeknik muhamadiyah pekalongan yang berorientasi pada kegiatan kepecintaalaman ini juga diikuti oleh mahasiswa yang juga tidak tergabung sebagai anggota UKM.”Tujuan kami mengadakan kegiatan pendakian ini adalah ingin membagi kesempatan sekaligus memfasililtasi teman-teman mahasiswa dikampus politeknik muhammadiyah pekalongan yang juga memiliki animo yang cukup tinggi untuk berkegiatan dialam, disamping itu juga jenis olahraga ini memang masih popular dikalangan remaja, akan tetapi disini kami juga sangat memperhatikan segi keamanannya” ujar Tantoyo yang merupakan ketua pelaksana kegiatan pendakian bersama Gunung prahu ini.
Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 3-4 Mei 2014 dan diikuti 25 peserta ini berjalan dengan lancar, “saya sangat senang mengikuti kegiatan ini karena ini juga pengalaman pertama saya untuk mendaki gunung, walaupun cukup melelahkan akan tetapi terbayar dengan kesan dan pemandangan yang indah banget”ujar salah satu peserta saat dimintai pendapat mengenai kegiatan Pendakian Bersama Gunung Prau.
Editor : AB Maulana